·
CLASS
Class merupakan
suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object.
class juga merupakan grup suatu object dengan
kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
·
METHOD
Method merupakan
suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu
object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu
dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang
hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
- Nama metode
- Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
- Daftar parameter.
- Badan atau isi metode.
·
CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi
objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor
harus memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki
nilai kembalian.
Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
·
MODIFIER
Modifier
adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun class dalam java.
Ada empat macam modifier yang dikenal oleh Java, yaitu private, protected,
public dan default.
Wilayah
Akses
|
Public
|
Protected
|
Default
|
Private
|
Kelas yang
sama
|
ya
|
ya
|
ya
|
ya
|
Antar
Kelas dalam package yang sama
|
ya
|
ya
|
ya
|
tidak
|
Subkelas
di package yang berbeda
|
ya
|
ya
|
tidak
|
tidak
|
bukan
subkelas, package yang berbeda
|
ya
|
tidak
|
tidak
|
tidak
|
Beberapa
modifier penting lainnya:
- Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diases oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
- Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
·
OBJECT
sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat
dilakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. di butuhkan
operator NEW untuk membuat objek dari suatu kelas.
objek dibuat
dengan cara menuliskan :
- NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
- NamaKelas Namaobjek;
NamaObjek = new NamaConstractor();
proses di atas disebut instansiasi. ketika objek
selesai dibuat, objek tersebut disimpan didalam memori dan dapat diakses oleh objek-objek
lain melalui nama objeknya.
Membuat program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = "kuning";
String bentuk = "segiempat";
String data = "";
Disket() {
panjang= 100 ;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
void simpanData(String data1) {
this.data += data1;
}
void hapusData() {
data = "";
}
String bacaData() {
return data;
}
}
Membuat program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = "kuning";
String bentuk = "segiempat";
String data = "";
Disket() {
panjang= 100 ;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
void simpanData(String data1) {
this.data += data1;
}
void hapusData() {
data = "";
}
String bacaData() {
return data;
}
}
Disket.java |
Membuat program MainDisket.java
class MainDisket{
public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket(50);
System.out.println("Panjang Disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar Disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("Warna Disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk Disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar java");
System.out.println("Setelah SimpanData = "+ disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
}
}
MainDisket.java |
No comments:
Post a Comment